-->

Belajar Perulangan Dalam Bahasa C++

Kabar Terbaru – Perulangan merupakan salah satu untuk mendapatkan suatu nilai yang berurutan  dan memproses data yang berurutan tersebut masing-masing. Perulangan sangat berguna dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang harus memproses beberapa data yang berurutan. Berikut ini merupakan contoh mendeklarasikan suatu perulangan pada perancangan program dengan flowchart dan algoritma.




Pada gambar di atas, deskripsi yang dijabarkan  pada kolom flowchart  I adalah perulangan yang di sebut dengan  while. . . do dan pada kolom flowchart II adalah perulangan yang di sebut dengan for... loop. Pada kolom paling kanan (Algoritma) itu merupakan cara penulisan algoritma untuk perulangan  for. . . loop.

Pangkat Dari Suatu Bilangan
Contoh kecil  permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan perulangan adalah menghitung pangkat dari suatu bilangan. Penyelesaiannya cukup mudah yaitu dengan melakukan perulangan sesuai dengan pangkat yang diinginkan  dan melakukan operasi kali terhadap suatu variabel yang pada saat inisialisasi di set ke nilai 1. Flowchart dan Algoritma hasil perancangan program untuk menghitung pangkat suatu bilangan dapat di lihat di gambar sebagai berikut.

Dapat dilihat pada hasil perancangan algoritma di atas, dikenalkan perulangan dengan menggunakan while. Perbedaan mendasar antara while dengan for adalah pada while anda harus mengupdate sendiri variabel yang di gunakan untuk proses perulangan sedangkan pada for variabel looping yang digunakan akan mengupdate sendiri oleh program. Implementasi hasil perancangan pada bahasa pemrograman  C dan python  dapat dilihat pada kode program 1 dan kode program 2

Kode Program 1  Implementasi algoritma atau flowchart program deteksi bilangan ganjil atau genap dalam bahasa python.

#!/usr/bin/hasbi

X = input ( “ Masukkan Bilangan   =  ” )
Y = input ( “ Masukkan Pangkat  =  ” )
L = 0
H = 1
while L  <  Y:
      H = H  * X
      L  = L  +  1
Print H
           
Kode Program 2  Implementasi algoritma atau flowchart program deteksi bilangan ganjil atau genap dalam bahasa python.

#include  < stdio . h >

int main ( int   argc,  char  **  argv )
{
int  X ,  Y ,  H ,  L ;

printf ( “ Masukkan bilangan = ” );
scanf ( “%” ,&X );
printf ( “ Masukkan pangkat = ” );
scanf  ( “%” ,&Y );

H  =   1 ;
L   =   0 ;
while  ( L  <  Y )
{
      H =  H  *  X ;
      L =  L  +  1 ;
}

printf ( “%d \n”, H ) ;

return  0 ;

}

Demikianlah artikel tentang mempelajari perulangan dalam bahasa C++, semoga bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa pesan dari Mas Hasbi ( Memperaktekan ) karena mempunyai ilmu tanpa di peraktekan seperti sebuah komputer yang tidak memiliki aplikasi apapun di dalamnya.

0 Response to "Belajar Perulangan Dalam Bahasa C++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel