-->

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Google Play Store



Terkadang kita bingung kenapa tidak bisa masuk google play store, karena pada saat membuka applikasi muncul eror seperti connection time out, no connection(tidak ada koneksi) atau check your connection (periksa koneksi).

padahal koneksi di handphone android kita tidak ada masalah sama sekali, karena kita masih tetap bisa browsing , download ,BBM-an, buka instagram , menonton youtube atau pun melakukan aktifitas online lainnya



ada beberapa cara untuk memperbaiki eror pada google play store tersebut yang akan saya bahas kali ini, mulai dari yang sangat mudah sampai cukup sulit. karena handphone harus di root, nah berikut ini lah cara memperbaiki nya 

Connect melalui Wifi  – Restart

Buka Play Store melalui koneksi Wifi, kalau bisa connect playstore maka sumber masalahnya terdapat di operator seluler. Coba juga restart handphone kamu karena biasanya masalah applikasi di Android dapat diperbaiki cukup dengan melakukan restart (atau cabut baterai bila memungkinkan).

Memperbaiki jam dan tanggal

Jam ataupun tanggal yang tidak sesuai akan membuat server playstore menolak untuk terhubung dengan device Android. Oleh karena itu pastikan jam, tanggal, time zone di handphone sudah benar.


Rubah setting tanggal di Settings > System > Date & Time (Setelan > Appilkasi > Sistem > Tanggal dan Waktu), kemudian ubah secara manual atau kamu bisa menggunakan settingan otomatis yang diberikan oleh operator seluler.

Hapus Data applikasi Google Play

Cara memperbaiki Google play store yang biasanya ampuh dan langsung mengatasi masalah adalah dengan menghapus cache, data dan menguninstall update yang ada di applikasi Google Play.
Masuk ke menu Settings > Apps > All (Setelan > Applikasi), cari dari daftar yang tampil  nama Google Play Store dan Google Play Store Services. Akan terlihat beberapa tombol seperti gambar. Tekan tombol Delete Cache (Hapus cache) Delete Data (Hapus Data) untuk kedua applikasi tersebut.


Buka kembali Google Play Store, dan maka saat membukanya kamu akan diminta memasukkan / memilih akun yang digunakan untuk masuk / login ke Playstore.

Edit hosts file untuk memperbaiki error tidak bisa masuk play store

Di beberapa tipe handphone android (tablet) maupun Custom ROM tertanam setting tambahan yang menentukan alamat IP address dari Google Play yg dapat membuat masalah tidak bisa masuk ke playstore.
Cara memperbaiki Google Play store bila kondisinya seperti diatas adalah handphone Android sudah di root Hal ini wajib dilakukan karena kita akan mengupdate hosts file Android yang lokasinya berada di file system.
Gunakan applikasi file explorer seperti ES File Explorer, Rootexplorer, dll kemudian masuk ke folder /system/etc, buka file host, lalu hapus baris yang mengarahkan ke server google.
demikian lah artikel dari saya ,semoga bermanfaat dan selamat membaca 



0 Response to "Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Google Play Store"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel