-->

Big Data

Dengan semakin banyaknya bidang yang menggunakan teknologi penyimpanan data digital atau database maka semakin banyak pula data yang berada di dunia maya atau mungkin lebih tepatnya pada ruangan virtual. Hingga muncullah istilah Big Data yang menunjukkan pada banyaknya data ini. Bila ada yang bertanya seperti apa Big Data itu dan apa yang membuatnya terjadi, dalam artikel ini kita akan mengulas pengertian mengenai Big Data ini.

Big Data adalah data dengan ciri berukuran sangat besar, sangat variatif, sangat cepat pertumbuhannya dan mungkin tidak terstruktur yang perlu diolah khusus dengan teknologi inovatif sehingga mendapatkan informasi yang mendalam dan dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik. Keempat karakterik tersebut: berukuran sangat besar (high-volume), atau sangat bervariasi (high-variety), atau kecepatan pertumbuhan tinggi (high-velocity), dan sangat tidak jelas (high veracity) sering disebut dengan 4V's of Big Data.

Teknologi Big Data diciptakan untuk menangani keempat ciri di atas. Jadi jika data Anda memiliki satu ciri saja atau beberapa kombinasi ciri di atas, tentunya dapat memanfaatkan teknologi Big Data yang tersedia di pasaran. Definisi di atas merupakan kompilasi definisi dari Gartner - sebuah perusahaan riset dan konsultan IT yang sangat terkenal di dunia dan berbasis di US - dan beberapa organisasi lain yang menambahkan elemen high-veracity ke dalam definisi Gartner.

Salah satu permasalahan yang big data coba pecahkan adalah meledaknya volume data yang suatu organisasi ingin simpan atau proses. Dalam sebuah perusahaan, butuh menyimpan lebih dari 1 milyar record data aktivitas browsing internet pengguna. Jangan kaget, 1 milyar record itu hanya data sehari, dan data yang ingin dikumpulkan tentunya berbulan-bulan.

Sebenarnya suatu sistem database atau data warehouse pun bisa menyimpan data yang sangat besar. Namun, price per terabyte Hadoop, sebagai platform big data, jauh lebih rendah dibandingkan keduanya. Selain itu, berbeda dengan sekedar network storage, teknologi big data tidak hanya menyediakan solusi untuk menyimpan data, namun juga untuk mengolah dan menganalisa data bervolume besar.

Teknologi Big Data adalah teknologi yang memungkinkan proses pengolahan data dengan empat ciri di atas. Sebelum munculnya teknologi ini, pengolahan data hampir selalu dilakukan oleh programmer dan sangat memakan waktu. Proses ini bertujuan agar setiap bisnis, organisasi ataupun individu yang mampu mengolah data tersebut bisa mendapatkan informasi lebih mendalam (insights) yang akan memicu pengambilan keputusan (decision making) dan tindakan (action) bisnis yang mengandalkan insights tersebut, bukan berdasarkan insting semata.

0 Response to "Big Data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel