-->

HTML5

HTML5 adalah adaptasi terbaru dari HyperText Markup Language. Pada masa lalu, peran HTML adalah untuk membantu menjelaskan struktur konten dan memungkinkan menghubungkan isi dengan navigasi. Pada dasarnya HTML5 memiliki fitur sintaksis baru, yang meliputi <video>, <audio>, dan elemen <canvas>, serta integrasi konten SVG. Berkat elemen-elemen baru ini, maka akan sangat mudah untuk mengintegrasikan konten multimedia dan grafis untuk web tanpa menggunakan flash dan plugin pihak ketiga. Ada juga unsur lain baru seperti <section>, <article>, <header> dan <nav> yang memperkaya nilai semantik dokumen.

HTML5 memungkinkan desainer untuk menggunakan disain yang lebih menarik dan kreatif. Bahkan dalam hal membuat validasi form asli HTML, user interface perangkat tambahan dan dalam prosesnya mengurangi kebutuhan untuk JavaScript ( hanya dibutuhkan dalam browser yang tidak mendukung bentuk jenis) . HTML5 juga memungkinan berbagai jenis input teks , pencarian dan bidang yang berbeda untuk tujuan yang berbeda.

Pada situs yang mengadopsi elemen HTML5 akan terlihat konsistensi yang lebih besar dalam hal penggunaan HTML untuk kode halaman web pada sebuah situs dibandingkan dengan yang lain . Ini akan membuatnya lebih mudah bagi desainer dan pengembang untuk segera memahami bagaimana sebuah halaman web terstruktur . 

Karena tujuan kegunaan situs web sangat interaktif pada saat ini, maka para pengembang web ( Web Developer ) perlu menyertakan animasi, streaming video, musik dan situs Jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter ke dalam website . Sampai sekarang mereka hanya memiliki pilihan untuk mengintegrasikan dengan bantuan Flash atau Silverlight , Flex atau javascript. Tapi ini mengkonsumsi begitu banyak waktu untuk mengembangkan dan bahkan kompleksitas aplikasi web juga meningkat . Tapi sekarang dengan bantuan HTML5 adalah mungkin untuk menanamkan video dan audio, gambar berkualitas tinggi, grafik dan animasi dan konten kaya lainnya tanpa menggunakan plugin dan program pihak ketiga. 

Unsur kanvas untuk menggambar : Element atau tag ini memiliki fungsi untuk menampilkan kertas gambar sehingga pengguna dapat menggunakan canvas untuk menggambar ataupun menulis bagaikan kertas biasa tanpa menggunakan plugin seperti Java 
Video dan elemen audio untuk media pemutaran : Bila kita ingin menampilkan video ataupun audio pada website kita maka kita akan menggunakan pllugin seperti adobe dengan format .swf, .fla dan .flv. Tetapi dengan menggunakan HTML5, kita tinggal menggunakan tag <audio> ataupun <video> untuk menampilkan audio dan video pada website kita dengan menggunakan format Ogg Theora yang bersifat free alias gratis.
Dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline

Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header, nav, section

o   Artikel : menunjukkan isi dokumen seperti blog atau artikel berita.
o   Footer : menunjukkan bagian kaki dokumen yang berisi informasi penulis, hak cipta, dan informasi lainnya.
o   Header : menunjukan judul dari sebuah section
o   Nav : digunakan untuk membuat navigasi dokumen
o   Section : digunakan untuk pembuatan struktur dokumen
·         Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, search.
·        Server-Sent Events: memperkenalkan even yang mengalir dari web server ke web browser yang disebut Server-Sent Events (SSE).
·       Geolocation: Pengunjung dapat memilih untuk berbagi lokasi fisik mereka dengan aplikasi web Anda.
·        Microdata: Ini memungkinkan Anda membuat kosakata Anda sendiri di luar HTML5 dan memperluas halaman web Anda dengan kostum semantics.
·        Drag and drop: Drag dan drop item dari satu lokasi ke lokasi lain pada halaman web yang sama. 
1
Tentunya banyak fitur baru dan standar telah muncul sebagai bagian dari HTML 5 . Setelah Anda mendeteksi fitur yang tersedia dalam browser saat ini, Anda dapat mengambil keuntungan dari fitur-fitur dalam aplikasi Anda . Fokus utama HTML5 adalah untuk membuat aplikasi menjadi lebih mudah dengan atau bantuan elemen lain yang bermanfaat.

0 Response to "HTML5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel