-->

Membuat Database dengan CMD

Dalam dunia nyata, kita dapat dengan mudah menempatkan suatu kumpulan benda dalam suatu wadah tanpa harus melakukan hal yang rumit. Namun, apa jadinya bila komputer melakukannya? Dalam dunia IT tentunya hal dalam simpan menyimpan ini sudah tak asing lagi. Namun, bagi kita yang baru terjun pada bidang ini rasanya tak salah untuk kita sama-sama belajar mengenai bagaimana cara komputer mengerti apa yang ingin kita lakukan dengan kata menyimpan ini menggunakan wadah yang dinamai database.
Database adalah sebuah sistem yang di buat untuk mengorganisasi, menyimpan dan menarik data dengan mudah. Database terdiri dari kumplan data yang terorganisir untuk 1 atau lebih penggunaan, dalam bentuk digital. Beberapa Database yang ada saat ini adalah : Mysql, Sql Server, Ms.Access, Oracle, dan PostgreSql. Dimana untuk pembahasan kali ini kita akan mengenal dahulu apa itu MySQL.
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. MySQL menggunakan bahasa SQL untuk mengakses database nya. (https://id.wikipedia.org/wiki/MySQL)
Membuat database sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan phpmyadmin, namun kita bisa juga membuatnya secara manual melalui CMD pada komputer kita. Untuk lebih jelasnya ada beberapa tampilan-tampilan peada sesi tutorial, berikut cara-caranya :
Jalankan aplikasi Control Panel dari XAMPP yang sudah diinstall
Aktifkan database server dengan cara pilih tombol "START" pada modul MySQL.
akses CMD.exe dengan cara  buka CMD melalui start lalu cari CMD atau (windows+r) lalu ketik cmd
Ketik perintah cd.. hingga di directory C:\>:
Ketik cd /xampp/mysql/bin lalu enter.
Ketik mysql -u root lalu enter untuk mengetahui koneksi.

Kemudian kita coba membuat database

Membuat tabel
sebelum diganti primary, foreign dan unique


Data 

Menambahkan Foreign key


unique


Hasilnya




0 Response to "Membuat Database dengan CMD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel