-->

Pengertian Storyboard

Kabar Terbaru - Storyboard merupakan gambaran dasar dari produk yang akan
dibuat. Storyboard berisi kumpulan kertas yang berisi rangkaian  kejadian untuk kepentingan produksi film, termasuk didalamnya film animasi. Storyboard
akan menjadi acuan dasar bagi sutradara atau  pembuat skenario tentang bagaimana seharusnya sebuah film berjalan.

Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan  sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan  ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat  menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar- gambar yang  tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama dengan  ide cerita kita. Storyboard berguna sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya, mulai sutradara, penulis cerita, lighting, hingga kamerawan. Keberadaan storyboardmemungkinkan seorang pembuat film memprevisualisasikan ide - idenya.


Sebagai Alat untuk mengomunikasikan ide keseluruhan film, storyboard menjelaskan alur narasi dari sebuah cerita, berperan dalam penentuan waktu (timing), pada kerunutan (sequence), percobaan- percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dengan kesinambungan, antara elemen-elemen dalam sebuah frame. Storyboarddibuat dengan melibatkan tim. Setelah sutradara dan pengarah fotografi membahas sebuah adegan,mereka kemudian bertemu dengan artis storyboarduntuk menerjemahkan gagasan mereka dalam gambar. Kemudian, terbentuklah rancangan-rancangan shooting.

Ketika dirasa ada sesuatau yang kurang pas atau kemungkinan terdapat kendaladalam pengambilan gambar nantinya segera dapat dilakukan revisi. Dengan mengacu pada rencana  shooting, dalam storyboardpara pemain dan awak lain dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat dan tepat. Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera.Storyboardjuga berguna bagi editor untuk membantu menyusun scene yang berbeda- beda menjadi sesuai dengan skenario  dengan lebih mudah dan cepat.

Demikianlah penjelsan mengenai storyboard yang bisa admin sampaikan, semoga sangat bermanfaat dan berguna untuk anda  .

0 Response to "Pengertian Storyboard"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel